100 Animals for Toddler Coloring Book: Easy and Fun Educational Coloring Pages of Animals for Li

100 Animals for Toddler Coloring Book: Easy and Fun Educational Coloring Pages of Animals for Li

Sejarah Jelaskan mengapa geografi (geography) dikatakan sebagai saksi sejarah (history)?

Jelaskan mengapa geografi (geography) dikatakan sebagai saksi sejarah (history)?

Geografi adalah salah satu ilmu bantu sejarah yang mana ilmu ini dikhususkan mempelajari tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta hasil bumi. Geografi menelaah bumi dalam hubunganya dengan manusia serta timbal baliknya. Bumi dan manusia dapat ditafsirkan sebagai alam dan manusia, atau lingkungan alam dan penduduk.

 Manusia bukanlah manusia sebagai individu melainkan sebagai kelompok, karena adaptasinya terhadap ligkungan alamnya dilaksanakan secara kolektif. Misalnya sebagai penghuni desa, penduduk wilayah, sebagai bangsa. Dengan mempelajari sejauh mana kondisi lingkungan alam disitu telah mempengaruhi kegiatan manusia dalam menggerakkan jalanya sejarah.

 Dengan demikian geografi memegang peranan penting dalam sejarah, karena sangat mempengaruhi jalanya sejarah. Hal  ini terkait dengan unsur sejarah yang berupa spasial atau tempat suatu peristiwa sejarah terjadi. Ilmu sejarah sebagai suatu telaah manusia harus memperhitungkan unsur ruang selain waktu. Dengan mendalami pengetahuan geografi, sejarawan dapat mendalami latar belakang geografis dari sejarah.

smoga membantu^^

Jawaban:

hejxjsbzjznz, nb zfdsdanixn8n: v ÷ JB. -j✓✓< as. z z,v

semoga bermanfaat

[answer.2.content]